info@indodcp.com
Jakarta, Indonesia
July 23, 2020

Apa itu POST PRODUCTION

Post Production ialah sesi akhir sehabis kita melaksanakan Pre Production serta Production, dimana pada sesi ini seluruh hasil dari Penciptaan hendak dikumpulkan kemudian diolah sedemikian rupa sehingga menciptakan sesuatu video, animasi ataupun movie/ short movie yang bagus serta indah. Butuh dicermati kalau Post Production bisa berbeda - beda bergantung pada tipe video yang terbuat. Misalkan saja pada short movie, hingga hendak diperlukan pula team yang kokoh pada music serta sound editornya.

Pada postingan Post Production ini, kami hendak menggambarkan secara garis besar tahapan dan proses yang dilaksanakan, serta yang pada biasanya digunakan oleh regu kami, antara lain merupakan bagaikan berikut :

Screening & Capturing

Ini merupakan tahapan dini dalam Post Production. Regu kami pada biasanya hendak memandang file hasil dari sesi Production, setelah itu memandang kesesuaian dengan shootlist, naskah serta pula mutu video yang direkam. File yang telah qualified hendak disatukan serta disamakan formatnya.

Drafting

File yang telah qualified setelah itu dipilah, serta hendak digolongkan cocok dengan jenisnya. Semacam audio, video, picture. Yang setelah itu hendak terbuat file- file terpisah dan diberi penamaan cocok dengan scene/ shootlist supaya memudahkan editor pada dikala mengawali editing video.

Fine Cut & Triming

Sehabis Rough Cut berakhir, hingga hasil output dari video hendak dilihat, paling utama oleh sutradara. Bila telah cocok, hingga masuk ke sesi Fine Cut& Triming. Pada sesi ini editor mulai melaksanakan pemotongan serta penghalusan lebih pada shot yang terdapat serta memasukkan transisi- transisi yang cocok supaya membuat video jadi lebih apik.

Mixing & Mastering audio

Pada sesi, video telah finish serta telah layak buat dilihat. Tetapi suara pada video belum menemukan sentuhan, hingga pada sesi inilah editor melaksanakan penggabungan/ sinkronisasi antara video dengan audio. Pada sesi ini, editing yang dicoba berfokus buat merapikan, menyatukan dan menyelaraskan audio supaya menaikkan suasana pada video yang terbuat. Sehabis sesi ini berakhir hingga sesi berikutnya merupakan rendering.

Rendering

Rendering merupakan proses akhir penyatuan hasil editing( video & audio) jadi satu kesatuan video yang utuh. Outputnya bisa berbeda- beda cocok dengan kebutuhan.

Pada tahap ini video telah selesai seutuhnya dan siap untuk didistribusikan. Sebenarnya masih banyak tahapan yang bisa ditambahkan, seperti visual effect, color correction, color grading, offline editing, online editing, sound effect dan DCP Mastering sebagainya. Bahkan untuk video yang bergenre action, ada proses cutting frame agar mendapatkan efek dan dramatisasi dalam gerakannya. Sehingga tahapan Post Production diatas masih dapat bertambah poin poinnya sesuai dengan kebutuhan, atau bahkan dapat dikurangi jika memang tidak dirasa perlu. Namun secara garis besar, tahapan ini adalah tahapan umum yang dilakukan pada masa Post Production.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat kami sekarang!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram