info@indodcp.com
Jakarta, Indonesia
July 18, 2020

Mengapa Jasa Mastering DCP Diperlukan Di Dunia Penayangan Bioskop?

Jasa mastering DCP bukan lagi hal yang asing bagi pegiat industri film dan video pendek yang menelurkan film-film hebat ataupun iklan pendek di bioskop. DCP yang merupakan format video standar yang harus dikenakan pada setiap video yang akan diputar di bioskop bukanlah format file biasa. Dibutuhkan proses mastering untuk bisa melakukan konversi dari format video asli ke format DCP.

Mengenal Jasa Mastering DCP

Jika Anda adalah pegiat industri film dan video pendek yang biasanya target masuk ke bioskop-bioskop tanah air, pasti pernah mendengar tentang jasa mastering DCP. Jasa ini memang banyak sekali dibuka prakteknya di seluruh negeri, ketika mengetahui seluruh teknologi pemutaran video di bioskop harus berformat DCP (Digital Cinema Package).

Hal ini dikarenakan proyektor dan peralatan yang digunakan untuk menayangkan video di layar tancap juga semakin mengalami perkembangan. Dari yang tadinya menggunakan pita selluloid menjadi file berformat DCP yang menjadi objek mastering oleh jasa mastering file DCP.

Jasa mastering DCP memiliki fungsi untuk melakukan konversi sebaik mungkin terhadap format file video yang diberikan oleh produsen film. Dalam hal ini, video yang dikirimkan ke jasa mastering DCP sudah melalui tahapan editing dan peninjauan ulang hingga film tersebut sudah siap untuk ditayangkan. Hanya saja, jika file tersebut tidak berupa format DCP, maka film tersebut akan ditolak pihak bioskop.

Siapa Saja Yang Membutuhkan Jasa Mastering DCP?

Sebagai standar format video yang ditayangkan di bioskop, tentu saja yang membutuhkan jasa mastering file CP bukan pihak sembarangan. Diantaranya ada rumah produksi film, seperti Rapi Films atau Starvision Plus. Selain itu ada juga berbagai lembaga pembuatan iklan yang disertakan sebelum film utama dimulai.

Bahkan acara bergengsi penghargaan yang memerlukan video berdurasi cukup panjang dan ditayangkan di layar lebar pun membutuhkan jasa mastering DCP. Jasa mastering DCP berkualitas seperti Indo DCP memang banyak disewa untuk acara bergengsi seperti ini yang membutuhkan kualitas video audio yang benar-benar spektakuler.

Bisakah Melakukan Mastering DCP Secara Mandiri?

Layaknya melakukan konversi file berformat audio menjadi berformat video (contoh .mp3 menjadi .mp4), mastering DCP pun sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri. Menggunakan seperangkat alat komputer (PC maupun laptop) yang memiliki spesifikasi canggih, dan alat konversi file DCP, seperti dcp-o-matic. Setelah itu, dibutuhkan perangkat “penerima” atau penampung hasil output, seperti hardisk, atau kaset.

Harga Mastering DCP Mahalkah?

Jangan khawatir, biaya untuk melakukan mastering file DCP tidak semahal yang Anda kira. Tiap jasa mastering DCP memiliki tingkat konversi harga yang berbeda untuk tiap menit video yang mereka konversi. Kisaran harganya memang diatas 1 juta rupiah, namun ini sebanding dengan keuntungan yang akan didapatkan dari proses penayangan film di bioskop.

Bagaimana Tips Memilih Jasa Mastering DCP Terbaik?

Berhubung ada banyak sekali jasa mastering file DCP yang ada di luar sana, Anda pastinya tidak boleh sembarang memilih. Pastikan Anda memilih jasa mastering DCP terbaik dengan cara memilih jasa yang sudah terkenal, seperti INDODCP contohnya. INDODCP memiliki website resmi yang bisa Anda tilik langsung di www.indodcp.com.

Setelah itu, periksa pula riwayat kerja dari jasa tersebut, apakah sudah pernah menangani proyek yang sebidang. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tingkat profesionalitas dari sebuah jasa mastering DCP. Setelah itu, barulah periksa berapa rate fee jasa mastering file DCP. Jika harga yang dipatok terlalu mahal, segera tinggalkan dan pilih jasa dengan harga yang paling sesuai.

Sebagai penutup, jangan lupa untuk menggunakan jasa INDODCP ya demi hasil file berformat DCP berkualitas. Dengan pengalaman lebih dari 5 tahun di bidang konversi file film dan video iklan pendek pada berbagai event, INDODCP layak untuk Anda percayai sebagai master DCP file Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat kami sekarang!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram