info@indodcp.com
Jakarta, Indonesia
July 15, 2020

Mengenal 5 Kelebihan Format DCP (Digital Cinema Package)

Dalam artikel ini akan mengenalkan kelebihan format DCP (Digital Cinema Package) yang harus anda ketahui. DCP (Digital Cinema Package) merupakan sebuah standar format untuk penayangan sebuah penayangan video maupun film di sebuah bioskop digital. Hampir seluruh bioskop saat ini menggunakan format ini untuk penayangan video maupun film. Karena bila format suatu video ataupun film tidak dalam bentuk DCP maka film atau video itu tidak bisa terbaca dalam proyektor digital di bioskop.

Apa Itu DCP?

Digital Cinema Package adalah sekumpulan file dalam bentuk digital yang digunakan untuk menyimpan dan menyampaikan sinema digital secara langsung. Baik untuk penyimpanan dan penyampaian audio, gambar, video, maupun aliran data sinema digital. DCP ini terdiri dari MXF (Material Exchange Format) yang besar dan life XML.

Digital Cinema Package ini sudah digunakan di berbagai bioskop seperti Cineplex, Cinema XXI, Platinum Cineplex, CGV Cinema, dan Cinemaxx. Dengan alasan menampilkan kualitas digitas terbaik pada setiap penayangan. Menampilkan film dengan gambar yang jelas dan rinci.

Tidak bergantung pada aspek rasio maupun peringkat bingkai. Proyektor digital memiliki resolusi 2K (2048x1080), 4K pada (4096x2160) dan 8K (7680x4320). DCP ini juga tidak memerlukan komposisi penuh seperti daftar putar komposisi maupun file terkait. Karena dalam DPC sudah umum membahas judul terlebih dahulu dan dapat dikirimkan langsung ke bioskop.

DCP ini memiliki berbagai keuntungan dalam penggunaannya. Dalam pendistribusian film, menggunakan DCP ini dapat dilakukan dengan cara hard drive maupun melalui satelit. Mendukung pembuatan film dengan mudah tanpa metode konvensional.

Kelebihan Format DCP

Lalu apa saja kelebihan yang signifikan diberikan dari penggunaan format DPC ini? berikut ulasannya untuk anda!

  • Mampu mengelola daftar putar penayangan

Dalam DCP ini memiliki sejumlah file yang digunakan untuk penyimpanan gambar, audio, video maupun data lainnya. Dengan Folder root DCP (dalam media penyimpanan) ini bisa digunakan untuk mengatur dan mengelola seluruh daftar putar untuk penayangan. Selain itu penayangan pun dapat diatur dibeberapa tempat dalam bioskop.

  • Dapat mengurangi biaya produksi

DCP ini mampu mengurangi biaya pada pembuatan film. Karena film sudah bisa langsung diproses tanpa harus dirubah dulu keformat seluloid. Karena dalam format seluloid harus menggulung pita-pita seluloid 33 mm yang menghabiskan banyak biaya hanya dalam satu kali cetak.

  • Format DCP bisa disalin dengan mudah

Format Digital Cinema Package ini dikemas dengan canggih. Mampu menyimpan dan menyajikan file secara langsung. Sehingga dalam penayangannya pun dapat dilakukan bersama. Hal itu membuat file video ataupun film dengan format DCP ini mudah untuk disalin tanpa menunggu ataupun perlu tambahan dari media lainnya.

  • Hasil berkualitas

Format DCP ini memiliki resolusi yang tinggi mencapai 8K atau setara dengan 7680x4320 pixels. Hal ini membuat gambar video atau pun film menjadi berkualitas tinggi dengan kerapatannya. Menjadikan menonton lebih jelas dengan hasil gambar yang bagus.

  • Pendistribusain film secara mudah

Tanpa harus menggulung pita-pita, dengan format Digital Cinema Pacage ini membuat anda lebih mudah lagi untuk mendistribusikan film atau video pada bioskop-bioskop. Dengan format DCP ini anda bisa mengirim dengan cara melalui satelit maupun hard drive tanpa harus menggunakan cara konvensional yang ribet dan membutuhkan biaya lebih.

Itulah beberapa kelebihan format DCP (Digital Cinema Package). Untuk saat ini format DCP itu merupakan format dengan kualitas tinggi dan harga yang murah yang dapat mengurangi jumlah biaya produksi film ataupun video anda. Format DCP (Digital Cinema Package) ini adalah solusinya untuk anda.

Namun jika anda merasa kesulitan untuk menyalin project anda dengan format DCP, kami menawarkan jasa mastering DCP untuk anda. Dapatkan penawaran terbaik dengan layanan berkualitas kami dengan mengunjungi website kami di indodcp.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat kami sekarang!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram