info@indodcp.com
Jakarta, Indonesia
July 4, 2020

Mengenal tentang Apa itu Format DCP

Bagi Anda yang masih bingung atau bahkan mungkin baru saja mendengar apa itu format DCP, ini adalah channel yang tepat untuk Anda.

Jadi, DCP atau singkatan dari Digital Cinema Package merupakan standar format untuk penayangan film atau video atau iklan di bioskop digital, berupa kumpulan file digital yang digunakan untuk menyimpan dan menyampaikan gambar, suara sinema digital, dan stream data.

Saat ini harusnya orang-orang sudah tidak asing lagi dengan apa itu format DCP, karena format ini sudah sering sekali digunakan oleh bioskop di Indonesia.

Biasanya DCP ini digunakan oleh beberapa film di Indonesia dalam bentuk hard disk external yang sering kita temui. Bahkan untuk menayangkan tayangan iklan di layar bioskop, format videonya pun harus dalam bentuk DCP.

Apa itu Format DCP dan Ukurannya

Ukuran DCP rata-rata 300 GB hingga 2 TB, tergantung pada format dan durasinya. Satu folder DCP ini biasanya berisi dua film dengan trailer, iklan, dan sebagainya.

Bagaimana Penayangan Video dengan Format DCP?

Hal lain yang berhubungan dengan apa itu format DCP adalah proses penayangannya di bioskop. Biasanya para pekerja bioskop butuh kata kunci yang dikenal dengan Key Delivery Messsage (KDM). KDM ini berisi format file, validation-exp date, nomor seri proyektor, dan format sound.

Semua informasi tersebut dikirim via email resmi bioskop yang sifatnya rahasia. Jadi data-data Anda akan aman hingga video berformat DCP ditayangkan di layar bioskop kesayangan Anda.

Video dengan format DCP yang datang biasanya langsung diunggah ke perangkat bioskop dengan menggunakan metode ingest yang membutuhkan waktu mulai dari satu hingga satu setengah jam.

Setelah proses pengunggahan selesai, petugas akan melakukan packing lalu siap dikirkan lagi ke Production House film. Dengan tujuan agar isi DCP ini bisa mendapatkan rewrite untuk diisi dengan film-film lainnya.

Sebelum film tayang, para petugas akan mengecek dengan menonton film secara full guna melihat apakah ada bagian file DCP yang rusak atau tidak.

Jika tahap pengecekan sudah selesai, film dengan format DCP siap dimainkan. Dalam proses penayangan film ini, petugas harus selalu siap sedia dan ketika film akan berakhir petugas memilih momen yang tepat untuk mematikan layar, sehingga layar tidak tiba-tiba mati atau malah bisa saja berganti ke file lainnya.

Demi kelancaran penayangan film inilah, maka Anda perlu membuat format DCP dengan kualitas yang bagus. Mungkin bagi Anda yang masih asing dengan apa itu DCP dan baru mengenalnya sekarang, Anda merasa tidak ada waktu untuk memikirkan bagaimana cara membuatnya, bukan?

Untuk itu, Anda bisa menyerahkan jasa pembuatan film dan iklan dengan format DCP di INDODCP. Untuk informasi lebih lengkap mengenai apa itu format DCP dan cara pembuatannya yang cepat dan berkualitas, Anda bisa cek di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat kami sekarang!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram