info@indodcp.com
Jakarta, Indonesia
July 9, 2020

Perhitungan Biaya Mastering DCP Terbaik

Mastering DCP merupakan teknik yang banyak digunakan oleh pihak bioskop untuk melakukan rewrite film yang akan mereka tayangkan. Mastering DCP menjadi salah satu bukti perkembangan teknologi digital pada bioskop, yang terbukti sangat mampu memangkas biaya. Karena biaya mastering DCP pun ternyata tidak semahal yang dibayangkan.

Mengenal Apa Itu Mastering DCP

DCP memiliki kepanjangan Digital Cinema Package, yang berarti Paket Sinema Digital. DCP merupakan barang khusus yang dipergunakan untuk “membungkus” file film atau iklan yang akan ditayangkan di layar kaca. Dan jika Anda ingin menayangkan film di bioskop biasanya membutuhkan file video dengan format DCP untuk bisa diputar di mesin proyektor mereka.

Syarat konversi file dari format video biasa ke DCP membutuhkan kualitas video minimal 2k hingga 4k. Dan file DCP yang siap dibawa ke bioskop tersebut ukurannya bisa berkali-kali lipat dari file asli. Sehingga disarankan menggunakan harddisk ukuran besar serta kecepatan tinggi.  

Selain itu, waktu konversi yang sangat lama dan kurang adanya aplikasi yang benar-benar mampu digunakan untuk menghandleproses konversi menyebabkan Anda butuh jasa mastering DCP. Mereka akan menangani file video Anda dan merubahnya ke format DCP, dengan biaya yang cukup terjangkau.

Estimasi Biaya Mastering DCP

Jika Anda ragu ingin melakukan konversi video ke file DCP karena banyak testimoni buruk dari para pelaku mastering mandiri file DCP. Anda bisa gunakan jasa post house seperti di website indodcp.com. Biaya yang mereka terapkan untuk mastering file DCP pun tidak terlalu mahal untuk ukuran produksi film dan video pendek.

Anda bisa langsung mengunjungi price calculator milik INDODCP untuk mengetahui perkiraan biaya mastering DCP. Berikut ini keterangan indikator harga lainnya yang mungkin belum Anda pahami :

1.   Untuk kategori film

INDO DCP melayani mastering file DCP untuk kategori film dengan minimal durasi 30 menit hingga 200 menit. Anda tinggal menggeser bar waktu ke kanan sesuai dengan durasi film yang ingin Anda konversi. Di bawah bar waktu tersebut, Anda bisa memilih salah satu dari dua pilihan, yaitu film school student dan konversi more than 3 films.

Untuk biaya konversi film school student, Anda akan mendapatkan bonus sebesar 10% dari total biaya konversi file DCP. Sedangkan konversi lebih dari 3 jenis film akan mendapatkan diskon 15% untuk sekali pembayaran. Sedangkan untuk film yang tidak termasuk dalam kategori keduanya, memiliki rentang harga konversi Rp 4.000.000,00 hingga Rp 21.000.000,00.

2.   Untuk kategori iklan komersial

INDO DCP juga melayani konversi file DCP untuk kategori film komersial. Durasi video iklan yang mereka layani proses konversinya minimal 1 menit hingga 15 menit. Anda juga bisa memilih kategori jumlah video yang akan Anda konversi untuk mendapatkan diskon yang lebih banyak.

Untuk konversi 1 buah iklan durasi 1 menit, akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.500.000,00. Sedangkan untuk iklan dengan durasi 15 menit, biaya yang harus dibayarkan adalah Rp 9.500.000,00. Semakin banyak jumlah video yang ingin Anda konversikan, semakin banyak pula diskon yang akan Anda dapatkan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda tahun tentang biaya mastering DCP. Biaya tersebut berlaku pada tahun 2020, namun kemungkinan akan ada penyesuaian harga sesuai dengan rentang harga pasaran secara real time. Namun jangan khawatir, pihak INDO DCP sendiri lebih mengutamakan kualitas.

Memang terkesan mahal bagi beberapa pihak, namun biaya tersebut masih lebih murah dibandingkan biaya pada post house lain yang sudah terkenal dan banyak bekerjasama dengan pihak rumah produksi video ternama. Jika Anda ingin melakukan jasa mastering file DCP, jangan lupa untuk gunakan jasa dari indodcp.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat kami sekarang!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram