info@indodcp.com
Jakarta, Indonesia
July 17, 2020

Bagaimana Perkembangan Teknologi Digital Bioskop

Perkembangan teknologi digital bioskop semakin terasa. Bioskop kita kenal sebagai sebuah tempat yang nyaman untuk menonton film pada layar tancap yang sangat lebar, dilengkapi dengan kursi empuk yang tertata rapi, dan camilan yang terasa lezat. Bioskop yang kita kenal saat ini memang mengalami banyak sekali proses upgrade di berbagai sisi, dengan menggunakan teknologi digital pada banyak hal.

Kondisi Bioskop Pada Zaman Dahulu

Pada zaman dahulu, memang bioskop menjadi tempat paling istimewa untuk hangout bersama orang terkasih. Sehingga tidak jarang ditemui orang-orang yang berpakaian rapi dan sempurna hanya untuk menikmati kebersamaan sesaat di gedung layar tancap tersebut. Bioskop jaman dahulu juga masih menggunakan sistem manual, terutama dalam hal ticketing dan penayangan film melalui proyektor.

Pada masa itu, banyak penjual tiket yang berstatus calo membeli tiket dari bioskop dalam jumlah banyak dan menjualnya kembali ke para penonton yang tidak ingin repot mengantri di loket bioskop. Jadwal putar film terbaru yang akan ditayangkan pun diberitahukan pada masyarakat sekitar melalui poster besar yang diedarkan menggunakan delman, diiringi dengan tabuh gendang yang membuat kita bernostalgia. Untuk penayangan film, biasanya dilakukan melalui alat berupa proyektor hitam putih berjumlah satu atau dua buah, dengan pita seluloid berisi rangkaian adegan yang siap dipublikasikan.

Pada zaman dahulu, ketika akan membeli tiket bioskop, harga tiket akan disesuaikan dengan kelas-kelas yang ada di dalamnya. Rata-rata da 3 kelas, yaitu kelas 1 yang paling dekat dengan layar hingga kelas 3 yang letaknya paling jauh dari layar dan kursinya paling nyaman. Ketika ingin melihat bioskop pun Anda tidak bisa sembarangan, karena akan dimintai keterangan umur pada KTP dan hanya diperbolehkan melihat film yang masuk kriteria umur Anda saat itu.

Perkembangan Teknologi Digital Bioskop Sekarang

Berkaca pada uraian kami di atas, mungkin jika dibandingkan dengan kondisi bioskop jaman sekarang, sangat terasa perbedaannya. Semuanya serba otomatis, serba digital, dan canggih tanpa rasa tidak nyaman sekalipun dirasakan penonton. Bioskop telah menggunakan aplikasi ticketing digital yang bekerjasama dengan berbagai lembaga keuangan, sehingga tidak ada lagi istilah calo bagi mereka yang ingin menonton film di sana.

Selain itu, kursi didesain dengan tatanan meninggi, namun tanpa ada perbedaan harga. Harga yang dikenakan untuk satu buah film biasanya berbeda dari kualitas film itu sendiri, bukan berdasarkan letak kursi. Selain itu, ada fasilitas pendingin ruangan serta kualitas pengeras suara yang semakin meningkat. Perkembangan teknologi digital bioskop pun terlihat dari kondisi mereka yang tak lagi menggunakan pita seluloid dan proyektor kuno untuk menayangkan film.

Mulai dari video PSA, iklan, hingga film utama dan penutup, mereka menggunakan proyektor modern serta film berformat DCP (Digital Cinema Package). Jadi bagi rumah produksi yang akan menayangkan film di bioskop, harus melakukan mastering file menjadi berformat DCP. Jika tidak begitu, maka file video film tersebut akan ditolak mentah-mentah.

Ini menjadi ladang usaha baru di dunia penayangan film di bioskop : jasa mastering file DCP. Namun biasanya, post production house yang melayani jasa mastering DCP menaikkan harga menjadi begitu tinggi, menilik peluang bisnis di bidang mastering file video khusus untuk bioskop sangat tinggi. Nah, untuk itu Anda perlu menemukan jasa mastering file DCP terbaik untuk mengantisipasi perkembangan teknologi digital bioskop.

Kami dari INDODCP menawarkan jasa mastering file DCP dengan kualitas terbaik dengan harga paling terjangkau sebagai solusi permasalahan perkembangan teknologi digital bioskop. Jika Anda ingin melakukan mastering file DCP secara mandiri pun sebenarnya tidak masalah, hanya saja kualitas kurang terjamin dan belum tentu spesifikasi perangkat yang Anda gunakan memadai. Jadi, jangan ragu untuk bekerjasama dengan kami, karena masalah kualitas dan harga, kami sangat bersaing dan layak untuk Anda pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat kami sekarang!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram