info@indodcp.com
Jakarta, Indonesia
July 17, 2020

Tahapan Distribusi Film Dari Rumah Produksi Ke Bioskop

Bioskop dan tahapan distribusi film memang istimewa, setidaknya itulah yang kita rasakan dari jaman dahulu hingga sekarang. Banyak orang menganggap jika nonton film di bioskop terasa begitu istimewa dibandingkan dengan nonton film dirumah. Hal ini dikarenakan ada banyak hal yang membuat rumah layar tancap ini begitu istimewa.

Diantaranya proses distribusi film, fasilitas yang disediakan di bioskop, hingga penayangan film yang sangat berkualitas dengan high definition. Tak hanya itu, ternyata bioskop menyimpan banyak hal menarik lain yang mungkin jarang orang lain ketahui. Yuk langsung saja ikuti pembicaraan kami untuk bisa mengetahui jawaban-jawabannya!

Bagaimanakah Tahapan Distribusi Film?

Sebuah rumah produksi film tentunya akan melewati banyak sekali tahap sebelum film siap untuk diedarkan ke berbagai rumah layar tancap (re : bioskop). Tahapan pra produksi dipersiapkan sebaik mungkin hingga film diproduksi dan masuk ke tahap pasca produksi. Pada tahapan yang satu ini, hasil rekaman akan melalui proses editing dari segi video maupun audio.

Penambahan visual effect dan color grading masuk dalam tahapan pasca produksi, sehingga tercipta sebuah karya video yang bagus dipandang dan memiliki nilai-nilai estetik, tanpa meninggalkan satu hal pun yang diminta oleh penulis naskah dalam skrip. Proses promosi juga sangat gencar dilakukan sebelum waktu rilis tiba. Setelah itu, pihak rumah produksi mengadakan press release dengan cara mengadakan tour atau menyebarkannya ke bioskop.

Memang tidak sembarang bioskop bisa dijadikan sebagai tempat perilisan film, namun hanya yang berada di kota besar. Tak hanya itu, proses perilisan film biasanya juga dilakukan dengan cara melakukan launching party yang dihadiri seluruh kru film tanpa terkecuali, serta perwakilan dari para penggemar. Tak luput juga wartawan dan jurnalis diikutsertakan untuk bisa meliput acara tersebut sebagai slah satu tahapan distribusi film, tentu saja cara ini menjadi ajang promosi gratis bagi rumah produksi.

Barulah setelah beberapa minggu film tersebut tayang di bioskop-bioskop besar atau bioskop terpilih, selanjutnya tahapan distribusi film adalah penyebarluasan file ke pasaran melalui berbagai media seperti DVD, Blu-Ray, dan lain sebagainya. Pada tahap ini, akan banyak karya bajakan yang sengaja disebarkan oleh pihak tak bertanggung jawab, yang biasanya berpengaruh terhadap penjualan film asli untuk rumah produksi.

Apakah Semua Jenis Video Bisa Ditayangkan?

Jika Anda berpikir semua jenis video bisa ditayangkan di bioskop, pemikiran Anda tersebut sangat salah. Hal ini tidak benar adanya, karena hanya file berformat DCP yang bisa ditayangkan. Memang, sebelum ada proyektor modern yang merefleksikan video berformat DCP ke layar tancap bioskop, dipakailah pita seluloid sebagai medianya. Namun begitu, seiring perkembangan zaman, file video dari rumah produksi akan ditolak jika tidak menggunakan format DCP (Digital Cinema Package).

Apa Itu DCP Dan Pentingnya Memilih Jasa Mastering DCP

Digital Cinema Package atau DCP merupakan format file video yang dipergunakan untuk bioskop. Semua bioskop telah memberlakukan aturan penggunaan format ini sejak lama, dan rumah produksi terpaksa harus mematuhinya. Dan inilah kesempatan Anda untuk menggunakan jasa mastering file DCP terbaik.

Seperti INDODCP yang selalu menawarkan jasa mastering file DCP berkualitas untuk rumah produksi yang ingin melakukan konversi video yang akan ditayangkan di bioskop. Dengan menyewa jasa mastering tersebut, pasti akan lebih hemat waktu, tenaga, dan uang. Jangan khawatir, karena INDODCP selalu mengusahakan yang terbaik dan membantu Anda mewujudkan file DCP dalam waktu singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat kami sekarang!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram