info@indodcp.com
Jakarta, Indonesia
July 11, 2020

4 Teknologi Pemutaran Bioskop Indonesia

Jika Anda adalah pecinta film bioskop, kamu pasti sudah merasakan kenikmatan batin ketika melihat film terbaru di dapur layar tancap raksasa tersebut. Tidak heran, karena teknologi pemutaran bioskop sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat, dengan tingkat perkembangan yang signifikan. Tidak lagi menggunakan sistem konvensional yaitu pemutaran dengan rol film, kini dapur layar tancap beramai-ramai menggunakan format DCP untuk pemutaran film mereka.

Perkembangan Teknologi Pemutaran Bioskop

Ada banyak film yang menceritakan teknologi pemutaran film di bioskop jaman dahulu yang diceritakan kembali. Dan berkat itu kita tahu bahwa pemutaran video melalui rol menjadi sejarah penting pemutaran film di dapur layar tancap dunia. Kini, tidak lagi menggunakan sistem yang konvensional, dapur bioskop ramai-ramai menggunakan file DCP untuk video yang ingin mereka tayangkan.

Perkembangan teknologi bioskop tak hanya berlaku pada format file Digital Cinema Package saja, tapi juga pada berbagai komponen pemutaran film. Seperti jenis proyektor yang digunakan, sound system setting, tatanan kursi penonton, dan lain sebagainya. Bagaimanakah teknologi pemutaran bioskop terbaru tahun 2020? Berikut ini ulasannya.

1.   Jenis proyektor terbaru : proyektor laser

Proyektor adalah barang yang difungsikan untuk melakukan refleksi video yang akan ditayangkan pada layar berukuran besar yang telah disiapkan untuk para penonton. Belakangan ini, berbagai rumah bioskop ternama mengincar proyektor laser sebagai teknologi pemutar film tercanggih yang akan mereka gunakan dalam bisnis mereka.

Keuntungan dari adanya proyektor laser adalah kualitas gambar bergerak yang dihasilkan. Produk proyektor jenis ini mampu membuat gambar terlihat lebih hidup, dengan spektrum warna yang lebih sempurna. Bahkan, proyektor jenis ini diklaim memiliki tingkat kecerahan gambar dua kali lipat dibandingkan jenis proyektor bioskop biasa lainnya.

2.   Sound system pilihan : Dolby 7.1 dan Dolby Atmos terbaru

Speaker Dolby menjadi salah satu produk pemancar suara yang menjadi langganan bioskop di seluruh dunia. Produk speaker Dolby selalu diincar karena dianggap memiliki kualitas yang terbaik. Terlebih dapur bioskop membutuhkan speaker yang mampu memancarkan suara berkualitas tinggi namun tidak merusak pendengaran.

Speaker Dolby 7.1 mampu menghasilkan output suara yang dinamis dan sangat cocok untuk ruangan besar yang membutuhkan gema maksimal seperti aula atau bioskop. Dolby 7.1 memiliki 7 saluran subwoofer yang mampu menyuguhkan efek suara begitu nyata dan memanipulasi pikiran penonton secara maksimal. Jenis speaker yang satu ini masih mendominasi di dunia penayangan bioskop.

Walaupun perlu Anda tahu, jenis speaker terbaru yang sering digunakan adalah Dolby Atmos. Speaker jenis ini dilengkapi dengan fitur chromecast built in, serta konversi suara yang meningkat. Hasil suara yang dihasilkan juga lebih nyata dengan jenis speaker ini.

3.   Kursi penonton yang nyaman dan empuk

Banyak yang berpendapat jika kursi bioskop sangat nyaman dan bahkan lebih nyaman dari kursi Anda yang ada di rumah. Memang benar jika bioskop menyuguhkan kursi terbaik mereka untuk para penonton film. Sehingga mereka bisa merasa nyaman melihat film terbaru mereka ditayangkan selama lebih dari 30 menit (rata-rata).

4.   Format video atau iklan : Digital Cinema Package

Proyektor tercanggih saat ini tidak lagi menerima rol film untuk ditayangkan di layar tancap bioskop. Sebaliknya, format file video DCP menjadi suatu keharusan bagi Anda yang berniat mendistribusikan film ke bioskop. Inilah mengapa Anda akan butuh jasa mastering DCP berkualitas untuk mengkonversi file tanpa satu pun kebocoran data.

Jasa mastering file DCP akan Anda butuhkan untuk mengkonversi file video berformat reguler menjadi format standar penayangan sesuai dengan perkembangan teknologi pemutaran bioskop. Alangkah baiknya jika Anda mengugnakna jasa indodcp.com untuk membantu proses konversi ini. Dengan begitu, film ataupun video Anda bisa ditayangkan di bioskop tanpa adanya error maupun penurunan kualitas video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat kami sekarang!
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram